Cari Blog Ini

Kamis, 12 Agustus 2021

Mudah Mengakses Data dengan Google Drive

 Cerita Belajar.id


Mudah Mengakses Data dengan Google Drive


Masalah

Sebelum mempunyai akun belajar.id, saya sudah mempunyai dua akun gmail. Akun gmail pertama kali yang benar-benar saya gunakan baik untuk keperluan pribadi maupun kedinasan dibuat sekitar tahun 2008. Saya tidak memperhatikan kapasistas memori awan yang dimiliki gmail tersebut. Suatu hari di tahun 2018 (saat saya menempuh studi Pasca), saya harus menyimpan berbagai file dan folder dalam drive saya, karena memori di laptop terbatas sekali. Saya kesal, karena hanya sebagian file yang dapat saya upload di drive email tersebut.Setelah saya cek, ternyata memori awan yang dimiliki drive gmail saya hanya sekitar 15 GB  Sehingga saya membuat email baru. Sejak tahun 2018, saya membuat gmail baru. Sama halnya dengan gmail lama yang hanya memiliki kapasistas 15 GB. Sehingga saya harus berpikir ulang dan membayangkan saya punya sekian banyak email yang tidak dapat saya kelola dengan baik.

Dampak 

Di awal masa pandemi, pemerintah melunjurkan akun belajar.id yang dapat mengakses berbagai fitur Workspase for Education dengan mudah. Terlebih lagi, dengan kapasitas memori cloud yang tak terbatas,  saya jadi leluasa untuk menyimpan berbagai file dan folder penting dalam drive saya. Drive Google dengan akun belajar.id dilengkapi dengan berbagai fitur yang tidak dimilki gmail biasa, seperti drive bersama dan dibagikan kepada saya. Sehingga saya dapat dengan mudah mengelola dokumen mana yang diperlukan untuk kepentingan pribadi dan mana yang untuk kepentingan bersama. 


Solusi

Dengan memanfaatkan akun belajar.id untuk mengakses semua fitur Google Workspace for Education, saya menjadi semuangat untuk membuat konten-konten pembelajaran untuk siswa saya. Adapun fitur-fitur yang sudah saya aplikasikan dalam pembelajaran selama ini antara lain:

  1. Google Drive, adalah bank data pemilik akun dengan kapasitas yang tidak terbatas. Kita dapat menyimpan berapapun dokumen baik dalam bentuk slide, dokumen, sheet, form, PDF, gambar maupun audio seberapapun kita mau. Dengan beberapa fitur yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pengelolaan file-file kita, google drive sangat membantu kita dalam penyipanan file-file penting tanpa kuatir akan keamanannya.

  2. Google Classroom sebagai media pengelolaan kelas yang efektif terhubung dengan semua lini konten pembelajaran yang saya kehendaki. Dengan Google Classroom saya tidak kewalahan untuk menilai tugas dalam waktu yang singkat. Bahkan kita bisa mengetahui karakter siswa kita dengan menambahkan rubrik penilaian dalam tugas-tugas yang diberikan. Untuk menilai kedisiplinan siswa, kita juga dapat mencantumkan deadline pengumpulan tugas, agar siswa terpicu untuk segera menyelesaikan tugas-tugasnya. Komunikasi personal juga dapat terjalin karena kita dapat memberikan komentar maupun apresiasi terhadap tugas siswa yang diserahkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar